Sekapur Sirih

Pengembangan Masyarakat dapat dimaknai sebagai proses pembangunan sumberdaya manusia / masyarakat dalam bentuk penggalian kemampuan pribadi, kreatifitas dan daya pikir serta tindakan yang lebih baik dari waktu sebelumnya.

Pengembangan Masyarakat mempunyai banyak arti dan penafsiran namun demikian pada dasarnya pengembagan masyarakat tidak akan lepas dari inisiatif, peran serta dan kemandirian.
Sejalan dengan hal tersebut, OCTAGON FOUNDATION memposisikan sebagai fasilitator dan mediator untuk merealisasikan beberapa program berkelanjutan terkait dengan pengembangan masyarakat melalui beberapa program yang terangkum dalam 4 (Empat) Program Operasional Lembaga Pengembangan Masyarakat, yaitu :
- Program Pendidikan & Pelatihan
- Program Seni & Budaya
- Program Kesehatan & Lingkungan
- Program Sosial & Ekonomi

ARAH PROGRAM OPERASIONAL
Program Operasional OCTAGON FOUNDATION disusun dalam bentuk beberapa PILOT PROJECT dan salah satunya berupa konsep terpadu dengan penguatan bidang PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT. Pilot Project / Proyek percontohan ini dibuat dengan harapan tercapai tujuan dengan titik berat pada :
- Income - Generation
- Ecotourism
- Consevation

MULTIPLIER EFFECT
Konsentrasi pada satu Proyek Percontohan / Pilot Project, dikerjakan secara simultan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan program, dan dievaluasi tingkat keberhasilannya.
Keberhasilan satu bidang kegiatan , diarahkan dapat memberikan pengaruh positip dengan terbentuknya beberapa Usaha Mandiri yang lainnya.

KEMITRAAN
Konsep kemitraan dibangun dalam upaya mengajak peran serta semua pengambil keputusan untuk ikut mebantu merealisasikan program pengembangan masyarakat ini.
Pendanaan proyek yang difasilitasi OCTAGON FOUNDATION digali dari beberapa jaringan kemitraan dari :
- LEMBAGA DANA LOKAL
- LEMBAGA DANA ASING
- PEMERINTAH
- PELAKU USAHA SWASTA
- DONATUR

Demikian sekilas tentang upaya kecil dari OCTAGON FOUNDATION sebagai bentuk peran serta dalam pengembangan masyarakat secara umum.

Kami masih membutuhkan partisipasi aktif berupa dukungan saran membangun dan pendanaan untuk merealisasikan beberapa proyek; untuk yang berempati dan ingin berpartisipasi dapat hubungi kontak kami.

Salam Hijau
OCTAGON FOUNDATION